Tuesday, September 18, 2012

Tentang UEFA Europa League (yang dulunya bernama UEFA Cup)


Ada yang tau tentang gambar di atas? YA BENAR! Itu adalah lambang dari UEFA Europa League. Kompetisi yang kerap dipandang sebelah mata bagi beberapa pecinta sepakbola.

Sejarah UEFA Europa League berasal dari UEFA Cup, yang bisa dikatakan sebagai "penerus" dari kejuaraan Inter-Cities Fairs Cup. Peserta dari kompetisi ini menganut asas "one city, one team" sehingga kota yang memiliki tim sepakbola lebih dari satu dapat memilih beberapa pemain yang (dianggap) terbaik untuk didaftarkan ke kompetisi. Biasanya tim yang dipilih adalah tim yang gagal melangkah ke UEFA Champions League (yang waktu itu namanya masih European Champions Cup). Barcelona menjadi tim yang pertama juara mengalahkan London XI (dikarenakan berisi pemain-pemain dari semua tim sepakbola di London) dan Leeds menjadi tim yang terakhir juara mengalahkan Juventus. Kompetisi ini berlangsung dari tahun 1955-1971 dengan Barcelona menjadi tim yang paling banyak memenangi kompetisi ini dengan 3 kali juara, diikuti Valencia dan Leeds dengan 2 kali juara.

Pada 1971, UEFA membubarkan kompetisi ini dan membentuk kompetisi yang bernama UEFA Cup, dengan Tottenham Hotspur menjadi tim yang pertama juara mengalahkan Wolverhampton Wanderers. Pada 1999 UEFA Cup Winners Cup dibubarkan dan juara piala domestik bergabung ke UEFA Cup dan ditambah babak fase grup yang berlangsung hingga 2009 saat berganti nama menjadi UEFA Europa League setelah UEFA Intertoto dibubarkan. Waktu itu calon pesertanya digabungkan ke babak kualifikasi kompetisi ini.

Peserta UEFA Europa League ada bermacam-macam, mulai dari tim peringkat tertinggi yang gagal masuk ke UEFA Champions League, juara piala domestik, peringkat Fair Play tertinggi di liga (dari tiga liga yang memiliki nilai Fair Play tertinggi) yang gagal masuk ke UEFA Champions League, dan tim yang gagal pada kualifikasi dan peringkat ketiga fase grup di UEFA Champions League.

Tambahan fakta bahwa UEFA Cup/UEFA Europa League tidak boleh dipandang sebelah mata: dari 13 penyelenggaraan UEFA Super Cup sejak UEFA Cup Winners Cup dibubarkan, 7 di antaranya dimenangkan oleh juara UEFA Cup/UEFA Europa League dan dari 7 itu, 5 di antaranya memang (kebanyakan) dari tim yang seharusnya tidak boleh dipandang sebelah mata, seperti Galatasaray mengalahkan Real Madrid pada 2000, Sevilla mengalahkan Barcelona pada 2006, Zenit mengalahkan Manchester United pada 2008, dan Atletico Madrid mengalahkan Inter Milan pada 2010 dan Chelsea 2012.

Looking for the anthem?
here
Hear that! It's SO GOOD!

No comments: