Thursday, June 21, 2012

Prediksi /4 Final UEFA Euro 2012

Prediksi:
Republik Ceko vs Portugal
Jerman vs Yunani
Spanyol vs Prancis
Ingrris vs Italia

Republik Ceko vs Portugal
Republik Ceko melaju ke perempat final dengan status juara Grup A meski pada pertandingan pertama dibantai Rusia 1-4. Hal ini menunjukkan bahwa tim sekelas Republik Ceko sekalipun memiliki mental spartan, namun di perempat final Republik Ceko akan menghadapi Portugal. Lagipula, Cristiano Ronaldo berhasil mencetak 2 gol saat melawan Belanda pada pertandingan terakhir Grup B. Dipastikan pertandingan antara Republik Ceko dan Portugal akan berlangsung ketat. Tetapi dari segi materi, Portugal lebih unggul di segala lini (mungkin kecuali kiper), meski Republik Ceko memiliki kiper Petr Cech, tetapi pada posisi bek, Portugal masih punya pemain sekelas Pepe dan Fabio Coentrao. Pada posisi gelandang (yang kualitasnya menurut saya lumayan) Portugal punya Joao Moutinho, Hugo Viana, Miguel Veloso dan Raul Meireles sedangkan Republik Ceko memiliki Petr Jiracek, Tomas Rosicky, dan Jaroslav Plasil. Pada barisan depan Portugal, pemain yang menurut saya bisa jadi penentu ada Nani, Cristiano Ronaldo, Hugo Almeida, dan Helder Postiga. Meski Barisan depan Republik Ceko memiliki pemain sekelas Milan Baros, Tomas Necid, dan Tomas Pekhart, barisan depan Republik Ceko tidak sebanding dengan barisan depan Portugal. Prediksi Saya: Portugal lolos ke semifinal dengan selisih skor maksimal 2 gol.

Jerman vs Yunani
Yunani secara mengejutkan dapat melaju ke perempat final unggul head-to-head atas Rusia karena menang atas Rusia pada laga terakhir grup A. Tetapi, lawan yang menunggu mereka di perempat final kali ini adalah Jerman. Kualitas pemain Yunani memang masih di bawah Jerman, ditambah lagi gelandang Jose Holebas dan kapten Giorgos Karagounis absen karena akumulasi kartu. Sedangkan Jerman, yang merupakan tim termuda pada Euro edisi kali ini, sedang di atas angin karena berhasil memenangi seluruh laga fase Grup. Apalagi Jerman banyak memiliki alternatif pemain di segala lini. Pada lini belakang ada Philipp Lahm, Holger Badstuber, Mats Hummels, Benedikt Howedes, dan Jerome Boateng. Pada lini tengah cukup banyak, contohnya ada Bastian Schweinsteiger, Lars Bender, Toni Kroos, Thomas Muller, Mesut Ozil, dan Sami Khedira. Sedangkan untuk lini depan bahkan ada Mario Gomez, Miroslav Klose, Andre Schurrle, Lukas Podolski, dan Mario Gotze. Jadi, hanya strategi yang tepat dan keberuntungan serta keajaiban yang dapat membuat Yunani maju ke Semifinal. Prediksi Saya: Jerman akan dengan mudah melaju ke Semifinal.

Spanyol vs Prancis
Spanyol memang juara bertahan Euro 2008 dan juara Piala Dunia 2010, tetapi bukan berarti mereka tidak bisa dikalahkan. Apapun masih bisa terjadi karena lawan mereka Prancis, memang Prancis termasuk tim medioker, tetapi kalau sudah waktunya mereka bisa mengalahkan tim manapun (Jangan pernah meremehkan Jerman dan Prancis, mereka tim yang paling susah ditebak kapan terbakar kapan padam). Spanyol sedang membara karena bisa menang di dua laga terakhir Grup C sedangkan Prancis kalah atas Swedia pada laga terakhir Grup D, ditambah lagi Philippe Mexes absen karena akumulasi kartu. Meski begitu. karena kekuatan antar lini dapat dianggap seimbang (meski Spanyol ada sedikit di atas), maka kemungkinannya ada dua:
1. Jika selesai pada waktu normal, Spanyol otomatis melaju meski dengan skor tipis.
2. Jika selesai pada extra time ataupun adu penalti, Prancis ada peluang meski kecil.
Namun harus diingat bahwa waktu normal terdiri dari 90 menit sedangkan extra time hanya 30 menit. Prediksi Saya: Spanyol melaju ke semifinal unggul tipis atas Prancis.

Inggris vs Italia
Pertarungan yang dirasa cukup seru. Italia punya kiper hebat Gianluigi Buffon sedangkan Inggris punya kiper Joe Hart yang masih bisa berkembang. Meski Inggris menggunakan semua pemain liga dalam negeri (baru pertama kali lihat timnas Inggris dihujani pemain kayak beginian) tetapi lumayan bisa mengimbangi Italia, tetapi penyerangan dan pertahanan Italia cukup disiplin sehingga jarang membuat blunder. Dalam kondisi ini, Inggris mungkin bisa sedikit lebih unggul karena memiliki banyak pemain muda yang cukup kreatif macam Alex Oxlade-Chamberlain, Phil Jones, Jordan Henderson, dan Danny Welbeck. Tetapi, Italia juga memiliki Antonio Cassano dan Mario Balotelli. Meski mereka cukup tempramen dan angin-anginan, namun bila sudah waktunya mereka bisa jadi pemecah kebuntuan seperti laga terakhir grup C melawan Republik Irlandia. Prediksi Saya: Italia melaju ke semifinal unggul tipis atas Inggris, meski lewat extra-time atau adu penalti.

No comments: